Sunday, March 22, 2020

Bunga Bangkai Mekar Sempurna Pada 2020

Image result for the latest corpse flower
Amorphophallus titanum, titan arum, adalah tanaman berbunga dengan perbungaan terbesar yang tidak bercabang di dunia. Pohon talipot, Corypha umbraculifera, memiliki perbungaan yang lebih besar, tetapi bercabang dan bukannya bercabang. A. titanum adalah endemik Sumatera.

Karena aromanya, seperti mayat yang membusuk, titan arum dicirikan sebagai bunga bangkai, dan juga dikenal sebagai bunga mayat atau tanaman mayat (bahasa Indonesia: bunga bangkai bunga berarti bunga, sementara bangkai dapat diterjemahkan sebagai bangkai) , mayat, atau bangkai). Untuk alasan yang sama, judul "bunga bangkai" juga dikaitkan dengan genus Rafflesia.


Perbungaan titan arum dapat mencapai lebih dari 3 meter (10 kaki) tingginya. Seperti cuckoo pint dan calla lily yang terkait, itu terdiri dari bunga harum yang dibungkus oleh bubut, yang terlihat seperti kelopak besar. Dalam kasus titan arum, bubut berwarna hijau tua di luar dan merah anggur merah tua di dalam, dengan tekstur sangat berkerut. Spadix berlubang dan menyerupai baguette besar. Di dekat bagian bawah spadix, tersembunyi dari pandangan di dalam selubung spathe, spadix menyandang dua cincin bunga kecil. Cincin bagian atas menyandang bunga jantan, cincin bagian bawah dibentang dengan karpel merah oranye cerah. "Aroma" titan arum menyerupai daging busuk, menarik kumbang pemakan bangkai dan lalat daging (keluarga Sarcophagidae) yang menyerbunya. Warna dan tekstur merah tua perbungaan berkontribusi pada ilusi bahwa bubur adalah sepotong daging. Selama mekar, ujung spadix adalah sekitar suhu tubuh manusia, yang membantu parfum menguap; panas ini juga diyakini membantu ilusi yang menarik serangga pemakan bangkai.

Bunga jantan dan betina tumbuh dalam perbungaan yang sama. Bunga betina terbuka pertama, kemudian satu atau dua hari berikutnya, bunga jantan terbuka. Ini biasanya mencegah bunga dari penyerbukan sendiri.

Setelah bunga itu mati kembali, satu daun, yang mencapai ukuran pohon kecil, tumbuh dari umbi bawah tanah. Daun tumbuh di tangkai agak hijau yang bercabang menjadi tiga bagian di bagian atas, masing-masing berisi banyak selebaran. Struktur daunnya dapat mencapai 6 meter (20 kaki) dan 5 meter (16 kaki). Setiap tahun, daun tua itu mati dan yang baru tumbuh di tempatnya. Ketika umbi telah menyimpan energi yang cukup, umbi menjadi tidak aktif selama sekitar empat bulan. Kemudian proses berulang.


Corm adalah yang terbesar yang diketahui, biasanya beratnya sekitar 50 kg (110 lb). Ketika spesimen di Princess of Wales Conservatory, Kew Gardens, direpotkan setelah periode tidak aktif, beratnya tercatat 91 kg (201 lb). Pada tahun 2006, umbi di Kebun Raya Bonn, Jerman tercatat 117 kg (258 lb), dan A. titanum yang tumbuh di Gilford, New Hampshire oleh Dr. Louis Ricciardiello pada 2010 memiliki berat 138 kg (305 lb) ). Namun, rekor saat ini dipegang oleh umbi yang ditanam di Royal Botanic Garden Edinburgh, dengan berat 153,9 kg (339 lb) setelah pertumbuhan 7 tahun dari umbi awal seukuran jeruk.

Membuktikan bahwa tahun 2020 akan menjadi tahun berkah campuran, para konservasionis di Indonesia telah menemukan bunga mekar terbesar pada tanaman parasit yang benar-benar berbau seperti kematian.


Nama bunga penentu rekor adalah Rafflesia tuan-mudae, meskipun kadang-kadang disebut bunga bangkai untuk bau daging busuk dan busuk yang dipancarkan ketika mekar penuh. (Beberapa spesies bunga tropis yang bau menyandang gelar ini.) Menurut AFP.com, kelopak bunga besar berwarna oranye menyebarkan diameter 3,6 kaki (111 cm), melampaui rekor spesies sebelumnya yaitu 3,5 kaki (107 cm), yang merupakan diatur oleh mekar Rafflesia di Sumatera Barat beberapa tahun yang lalu.

Bunga mayat dianggap salah satu spesies bunga terbesar di dunia, menjadikan spesimen bau ini salah satu bunga terbesar yang pernah diukur. Mekar akan berlangsung sekitar seminggu sebelum ditutup lagi, kata pakar konservasi Sumatra Ade Putra kepada AP
Berbeda dengan namanya, bunga mayat sebenarnya adalah parasit yang membuat rumahnya pada genus anggur tropis anggur yang disebut tetrastigma. Setelah kuncup mayat berakar pada pohon anggur yang tidak curiga, kuncup itu tumbuh sekitar sembilan bulan sebelum membentang menjadi bunga oranye raksasa. Bunga tetap mekar selama sekitar satu minggu, menarik lalat dengan bau khasnya yang dirayu dengan benar kemudian membawa serbuk sari bunga untuk membantu menyebarkan kebaikan mayat ke tanaman merambat lainnya.

Jika Anda pernah mendengar bunga bangkai sebelumnya, mungkin itu berkat bunga yang mekar di New York Botanical Garden pada tahun 2016, mengikuti periode pertumbuhan 10 tahun yang luar biasa. (Stinker dari spesies yang sama mekar di San Francisco Conservatory of Flowers pada tahun 2018, juga.) Spesies bunga parasit ini, yang dikenal sebagai Amorphophallus titanum (nama yang secara harfiah diterjemahkan menjadi "phallus misshapen raksasa"), dapat tumbuh hingga antara 6 dan tinggi 12 kaki (2 hingga 4 meter) sebelum mekar. Ketika saatnya tiba, bunga itu hanya terbuka selama sekitar 24 hingga 36 jam sebelum ditutup lagi jendela singkat yang seluruhnya terlalu cepat atau terlalu lama, tergantung pada perasaan Anda tentang bau daging busuk.

0 comments:

Post a Comment